Kamis, 30 September 2010

LEDAKAN ETANOL ( Demonstrasi Kimia )

Bagi Penggemar Kimia, Anda bisa mencoba Bom Etanol yang bisa dipastikan tidak berbahaya. Pada percobaan ini kita akan mengetahui salah satu contoh reaksi yang berlangsung cepat.
Reaksi kimia ada yang berlangsung cepat dan ada yang berlangsung lambat.Reaksi pembakaran merupakan contoh reaksi cepat dan perkaratan salah satu contoh reaksi lambat. Sedangkan ledakan Etanol ini termasuk reaksi cepat.
Rumus : C2H5OH + 3O2 → 2CO2 + 3H2O
*alat-alat dan bahan kimia
(1) etanol96% (2)pipet (3)korek api (4)gelas plastik (5)kaleng
*Cara kerja
(1) Siapkan kaleng (Limbah minuman) dalam keadaan terbuka tutupnya.
(2) Buatlah lubang berdiameter 5 mm dan berjarak 2cm dari dasar kaleng.
(3) Masukan 4 atau 5 tetes etanol ke dalam kaleng.Lalu gelindingkan.
(4) Tutup mulut kaleng dengan gelas plastik.
(5) Nyalakan korek api dan dekatkan pada lubang.
Jangan dekatkan muka pada mulut kaleng.
(7) Gelas plastik terbang!!
SELAMAT MENCOBA....

Rabu, 29 September 2010

KERANGKA PROGRAM ADIWIYATA

Bagi Sekolah yang ingin melaksanakan Program ADIWIYATA di sini akan dijelaskan Kerangka Program ADIWIYATA yang terbagi menjadi 4 program pengembangan, yaitu :
a. Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
• Melaksanakan Filosofi Sekolah
• Mensosialisasikan Visi dan Misi Sekolah
• Melakukan sosialisasi ke warga sekolah
• Mengembangkan model pembelajaran materi lingkungan hidup
• Meningkatkan kapasitas SDM di bidang PLH
• Menghemat sumber daya alam
• Mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat
• Mengalokasikan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup
• Menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman
• Mendorong terwujudnya sekolah peduli dan berbudaya lingkungan

b. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
• Mengembangkan model – model pembelajaran tentang lingkungan yang bervariatif
• Menggali dan mengembangkan materi serta persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar
• Mengajak siswa peduli dan sadar lingkungan
• Mengembangkan metode belajar dan studi lapangan berbasis lingkungan dan budaya
• Membuat kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kesadaran siswa terhadap berbagai persoalan lingkungan.
• Mengimplementasikan materi pembelajaran ke dalam dunia nyata (PKL)

c. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif
• Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler dibidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah
• Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar sekolah
• Mengembangkan kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan PLH di sekolah
• Bekerjasama dengan pihak Pemda dan lembaga lain yang terkait


d. Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah
• Mengembangkan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk kegiatan PLH
• Meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan diluar kawasan sekolah.
• Menghemat energi
• Menghemat air
• Menghemat alat tulis
• Meningkatkan kualitas pelayanan makanan sehat
• Lingkungan Sekolah sebagai wahana pengenalan keanekaragaman SDAH
• Mengembangkan sistem pengelolaan sampah
• Memanfaatkan sampah menjadi media pembelajaran
• Mengembangkan model transportasi sekolah yang ramah lingkungan